Selasa, 10 Maret 2015

Struktur Kurikulum 2013 PAUD Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR


KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1.      Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya

1.2.      Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan

KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
2.1.    Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

2.2.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

2.3.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif

2.4.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

2.5.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

2.6.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.7.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

2.8.    Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.9.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.10.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain

2.11.Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri

2.12.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab

2.13.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

2.14.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman

KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
3.1.    Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

3.2.    Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

3.3.    Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

3.4.    Mengetahui cara hidup sehat

3.5.    Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

3.6.    Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

3.7.    Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

3.8.    Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

3.9.    Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

3.10.Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)

3.11.Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)


3.12.Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain

3.13.Mengenal emosi diri dan orang lain

3.14.Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri

3.15.Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
4.1.    Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

4.2.    Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

4.3.    Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

4.4.    Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

4.5.    Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

4.6.    Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

4.7.    Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh

4.8.    Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh

4.9.    Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

4.10. Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

4.11. Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.12. Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya


4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar

4.14. Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat

4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media

1 komentar: