Senin, 18 Januari 2010

Profil TK Pertiwi Banjarsari, Kec. Nusawungu, Kab. Cilagap

Nama TK : TK Pertiwi Banjarsari, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap
Status : Swasta
Berdiri Tahun : 1987
Dibawah Naungan : Yayasan PKK
Terakreditasi : B
Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro Banjarsari
Jumlah Rombel : TK B ( 2 kelas )
Jumlah Pendidik : 4 orang
Nama Kepala Sekolah : Bp. Sumanggio,A.Md-Tk

Anak adalah Amanah Allah, dimana pada saatnya kelak si Penerima Amanah ( orang Tua ) akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah, apakah Orang tua bisa menjaga fitrah anak dengan baik atau tidak. Bila anak yang dititipkan kepadanya telah dirawat dan dididik sesuai dengan kehendak yang memberikan amanat pasti fitrah anak yang selalu sejalan dengan kehendak Rabbnya akan terjaga, dan si Penerima Amanat akan mendapatkan imbalan yang sangat besar di sisi Rabbnya berupa SURGA seluas langit dan bumi. Dalam sebuah hadits shahih diceritakan bahwa “Orang Tua akan mendapatkan royalti berupa pahala amal jariyah secara terus menerus bahkan sampai kelak dia meninggal, ketika dia berhasil mendidik anaknya menjadi anak yang SHALIH”, Subhanallah…karena itu bersyukurlah sebab Allah telah memilih ayah bunda sebagai orang tua

Mendidik anak menjadi anak yang shaleh, harus diawali sejak anak berusia dini (sejak 0 tahun, bahkan sejak dalam kandungan). Karena sifat dan kepribadian anak di masa dewasa pada umumnya merupakan hasil pembentukan tabiat dan pendidikan yang telah didapatkan anak di usia dini. Pakar Pendidikan Anak menyebut anak usia dini sebagai Golden Age ( masa keemasan ) 0 – 8 Th, karena perkembangan volume otak anak akan mencapai 80% dari otak orang dewasa. Potensi anak di usia ini sangat luar biasa untuk belajar apa saja dari lingkungannya ( Orang tua, sekolah dan lingkungan masyarakat ). Belajar memahami Rabbnya, belajar tentang hakekat kehidupan manusia, belajar tentang bagaimana menjadikan kehidupan dunianya sebagai sarana untuk meraih kebahagiaan akhiratnya, dll.
Hanya Iman yang mantap, ilmu yang luas dan akhlaq mulia yang merupakan warisan terbaik dari orang tua yang bisa mengantarkan anak bisa tetap menjaga keshalehannya meski tantangan zaman yang harus dia hadapi semakin berat.

TK Pertiwi Banjarsari, sebagai lembaga pendidikan yang menangani anak usia dini ( 5-6 Th ) berharap dapat memberikan sumbangsih kepada calon generasi penerus bangsa yakni dengan menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan menyenangkan bagi anak untuk belajar banyak hal, dengan tetap memegang pada prinsip pokok pembelajaran yaitu peletakan dasar keimanan yang kuat pada anak, membangun budaya pada diri anak agar memiliki semangat tinggi dalam mencari ilmu dan membiasakan anak berakhlaq mulia sejak dini.
Sehingga pada akhirnya diharapkan anak dapat beradaptasi dengan mudah dan semangat untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya.

2 komentar:

  1. keren dan coool blognya,,,,aku wong karang pakis balai desa ngulon kang,,,dolan yah,,,Masruhan...

    BalasHapus