KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
KI-1. Menerima ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
|
1.2. Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada
Tuhan
|
||
KI-2.
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan
diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik,
dan teman
|
2.1.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
|
|
2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
||
2.3.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kreatif
|
||
2.4.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
|
||
2.5.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap percaya diri
|
||
2.6.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
||
2.7.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang
lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.8.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan kemandirian
|
||
2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
||
2.10.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
|
||
2.11.Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri
|
||
2.12.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab
|
||
2.13.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
||
2.14.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada
orang tua, pendidik, dan teman
|
||
KI-3.
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi,
seni, dan budaya di rumah, tempat
bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera
(melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan
informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.1. Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
|
|
3.2. Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
3.3. Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
|
||
3.4. Mengetahui
cara hidup sehat
|
||
3.5. Mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
||
3.6. Mengenal
benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
||
3.7. Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
||
3.8. Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
||
3.9. Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
||
3.10.Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
3.11.Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
||
3.12.Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
||
3.13.Mengenal
emosi diri dan orang lain
|
||
3.14.Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
||
3.15.Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
||
KI-4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.1. Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
4.2. Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
4.3. Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
||
4.4. Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
||
4.5. Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
||
4.6. Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama,
warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui
berbagai hasil karya
|
||
4.7. Menyajikan
berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat
tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, dan gerak tubuh
|
||
4.8. Menyajikan
berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman,
cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, dan gerak tubuh
|
||
4.9. Menggunakan
teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan
rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
||
4.10. Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
4.11. Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
||
4.12. Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
||
4.13. Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
||
4.14. Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
||
4.15. Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
Selasa, 10 Maret 2015
Struktur Kurikulum 2013 PAUD Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
TERIMA KASIH, SANGAT MEMBANTU
BalasHapus