KURIKULUM
TK Pertiwi banjarsari
JL. Pangeran Diponegoro Banjarsari
Desa : Banjarsari
Kecamatan
: Nusawungu
Kabupaten
: Cilacap
Provinsi : Jawa Tengah
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
DOKUMEN I
|
PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
TAHUN 2012
LEMBAR
PENGESAHAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( KTSP )
TK PERTIWI BANJARSARI
Melalui proses sosialisasi, monitoring, dan evaluasi
serta validasi oleh Tim Jaringan Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap,
maka dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) TK Pertiwi
Desa Banjarsari Kecamatan Nusawungu, dengan ini dinyatakan sah dan berlaku terhitunng
mulai tanggal disahkan.
Disahkan
di : Nusawungu
Tanggal
: 16 Juli 2012
Ketua Komite
TK Pertiwi Banjarsari
Kecamatan Nusawungu
SURIPTO
|
Kepala
TK Pertiwi Banjarsari
Kecamatan Nusawungu
SUMANGGIYO,
A.Ma.Pd.TK
NIP. 19690715 200801 1
011
|
Mengetahui,
Kepala UPT DISDIKPORA
Kecamatan Nusawungu
SUTARNO,
S.Pd, MM.Pd
Pembina
NIP. 19600415 198201 1
015
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Alloh SWT atas segala Rahmat dan KaruniaNya sehingga
penyusunan Kurikulum TK Pertiwi
Banjarsari Kecamatan Nusawungu dapat dilaksanakan
sebagai tindak lanjut diberlakukannya Undang – undang No. 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Undang
– undang Guru dan Dosen. Implementasi Undang – undang No. 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan antara lain Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan
tersebut menyampaikan perlunya disusun dan dilaksanakan 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar
Proses, Standar Pendidik, Standar Sarana dan Prasarana , Standar Pengelolaan, Standar
Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan.
Kepada semua
pihak kami mengucapkan terima kasih yang telah membantu kegiatan penyusunan Kurikulum
TK Pertiwi Banjarsari Kecamatan
Nusawungu hingga selesai. Kami menyadari bahwa penyusunan Kurikulum TK Pertiwi Banjarsari
Kecamatan Nusawungu ini masih belum sempurna, maka kritik dan saran kami
harapkan dari segenap komponen demi kesempurnaan Kurikulum dimasa yang akan
datang.
|
Banjarsari,
16
Juli 2012
TK Pertiwi Banjarsari
SUMANGGIYO,
A.Ma.Pd.TK
NIP. 19690715 200801 1
011
|
REKOMENDASI
Berdasarkan
hasil validasi, monitoring dan evaluasi serta bimbingan pelaksanaan penyusun Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) secara terpadu dengan memperhatikan :
1. Prinsip
dasar penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ).
2. Pedoman
pengembangan Kurikulum Sekolah.
3. Permendiknas
Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD.
4. Saran
dan pendapat Stroke Holder Pendidikan.
5. Hasil
penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) TK Pertiwi Banjarsari Kecamatan
Nusawungu Kabupaten Cilacap.
Dengan
ini Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga
Kecamatan Nusawungu dan Pengawas TK/SD merekomendasikan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan ( KTSP ) TK Pertiwi
Banjarsari Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap
untuk divalidasi oleh tim Kabupaten Cilacap, serta mendapat pengesahan oleh Dinas
Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap.
Banjarsari,
16 Juli 2012
Yang
merekomendasikan :
Kepala
UPT DISDIKPORA
Kec. Nusawungu
SUTARNO,
S.Pd, MM.Pd
Pembina
NIP. 19600415 198201
1 015
|
Pengawas
TK/SD
UPT DISDIKPORA
Kecamatan Nusawugu
M. SUPANDI, S.Pd. M.Pd
NIP. 19620909 198304 1 005
|
KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(
KTSP )
TK
PERTIWI
BANJARSARI
KECAMATAN NUSAWUNGU
Alamat
: Jl. P. Diponegoro Banjarsari Kec. Nusawungu Kab. Cilacap 53283
Provinsi
Jawa Tengah
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Perubahan
paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi
mendorong terjadinya perubahan dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan,
termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum TK Pertiwi Banjarsari Kecamatan
Nusawungu Kabupaten Cilacap pun menjadi
perhatian dan pemkiran – pemikiran baru sehingga mengalami perubahan – perubahan
pendidikan.
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan
pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang – undang
No. 02 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36 ayat (2)
ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan
dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah,
dan peserta didik. Atas dasar pemikiran tersebut maka perlu dikembangkan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ).
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) adalah kurikulum operasinal yang disusun dan
dilaksanakan oleh masing – masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 19 Tahun 2005 bahwa Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan ( KTSP ) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah mengacu
pada standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan
Standar Nasional Pendidikan.
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) TK Pertiwi
Banjarsari Kecamatan Nusawungu dikembangkan
sebagai perwujudan dari kurikulum prasekolah, pendidikan dasar dan menengah.
Kurikulum ini disusun oleh tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan
komite sekolah dibawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Kabupataen
Cilacap, dengan bimbingan narasumber ahli pendidikan dan pembelajaran.
Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip – prinsip sebagai berikut :
1.
Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.
Beragam dan terpadu.
3.
Tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4.
Relevan dengan
kebutuhan kehidupan.
5.
Menyeluruh dan
berkesinambungan.
6.
Belajar sepanjang
hayat.
7.
Seimbang antara
kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Pada
akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan
apabila dilaksanakan dilapangan dalam proses pembelajaran yang baik.
Pembelajaran baik dikelas maupun diluar kelas hendaknya berlangsung secara
efektif yang membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak dalam hal ini para
pelaksana kurikulum ( guru ) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses
pembelajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan dan mengasyikan bagi anak sehingga anak betah disekolah. Atas
dasar kenyataan tersebut, maka hendaknya pembelajaran di Taman Kanak – kanak
dapat manantang, menyenangkan, dan mengasyikan. Dengan spirit seperti itulah
kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan
dan pengajaran di TK Pertiwi
Banjarsari Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap.
B.
Tujuan
Pengembangan Kurikulum Taman Kanak – Kanak
Tujuan
Pengembangan Kurikulum Taman Kanak – kanak ini yang pertama adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan
inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelolah
dan memberdayakan sumber daya yang ada. Yang kedua adalah sebagai acuan bagi satuan pendidikan TK dalam
penyusunan dan pengembangan kurikulum sehinga akan memudahkan bagi guru
TK Pertiwi Desa Banjarsari untuk dapat mengembangkan model-model pembelajaran yang tepat
sesuai dengan bidang-bidang pengembangan anak TK untuk mewujudkan visi dan misi
sekolah.
Selain
itu Kurikulum TK disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan kapada anak
didik untuk :
1.
Belajar untuk beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Belajar untuk memahami
dan menghayati.
3.
Belajar untuk mampu malaksanakan
dan berbuat secara efektif.
4.
Belajar untuk hidup
bersama dan berguna bagi orang lain.
5.
Belajar untuk mambangun
dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan.
C.
Prinsip
Pengembangan Kurikulum TK
1. Berbuat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki potensi sentral
untuk mengembangkan kompetansinya agar menjadi manusia yang beriman, dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mendukung pencapaian tersebut pengembangan potensi peserta didik
disesuaikan dengan potensi, perkembanngan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik
serta tuntunan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan
pembelajaran berpusat kepada peserta didik.
2. Beragam dan terpadu.
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik,
kondisi daerah, jenjang dan pendidikan, serta menghargai dan tidak
diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku budaya, adat istiadat dan status
sosial ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib
kurikulum, muatan local, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun
dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.
3. Tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum
memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4.
Relevan
dengan kebutuhan kehidupan.
Pengembangan
kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (Stokeholders )
untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk
didalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena
itu pengembangan keterampilan pribadi,
keterampilan berfikir, keterampilan social, keterampilan akademik, dan
keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.
5.
Menyeluruh
dan berkesinambungan
Substansi
kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan
mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkasinambungan antar
semua jenjang kehidupan.
6.
Belajar
sepanjang hayat.
Kurikulum
diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta
didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan
antara unsur – unsur pendidikan formal, nonformal dan informal, dengan
memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang ke arah
perkembangan manusia seutuhnya.
7.
Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan Kepentingan Nasional dan Kepentingan Daerah untuk
membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan Nasional
dan Kepentingan Daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan
Motto Bhineke Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI
).
BAB
II
TUJUAN
A.
Tujuan
Pendidikan di Taman Kanak – kanak
Fungsi
pendidikan Taman Kanak-kanak adalah :
1)
Mengenalkan peraturan dan
menanamkan disiplin pada anak.
2)
Mengenalkan anak dengan dunia
sekitar.
3)
Menumbuhkan sikap dan perilaku
yang baik.
4)
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi
& bersosialisasi.
5)
Mengembangkan keterampilan,
kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki anak.
6)
Menyiapkan anak untuk memasuki
pendidikan dasar.
Adapun tujuan pendidikan Taman Kanak – Kanak
adalah :
1. Membangun landasan bagi
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat,
berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi
warga negara yang domokratis dan bertanggungjawab.
2.
Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual,
intelektual, emosional, kinestesis, dan sosial peserta didik pada masa usia
emas pertumbuhan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.
3.
Membantu peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik
psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, kognitif,
bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan
dasar.
B.
Visi
TK Pertiwi Banjarsari
Kecamatan Nusawungu
Unggul
dalam daya fikir, terampil dalam berbahasa.
C.
Misi
TK Pertiwi Banjarsari
Kecamatan Nusawungu
Mencetak generasi penerus bangsa yang tangguh dan
disiplin, berbudi pekerti yang luhur dan sopan santun.
D.
Tujuan
TK Pertiwi Banjarsari
Kecamatan Nusawungu
1. Menciptakan
pembelajaran aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan
2. Menyiapkan siswa memiliki
dasar-dasar pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dasar untuk melanjutkan ke
SD.
3. Membentuk siswa beriman
dan bertaqwa serta berakhlak mulia
4. Membentuk siswa memiliki
jiwa sosial
5. Membentuk siswa yang mampu
mengembangkan potensi agar menjadi manusia yang aktif
dan terampil.
6. Mengenal dan mencintai bangsa,
masyarakat dan kebudayaannya
7.
Siswa sehat jasmani dan rohani
E.
Profil
TK Pertiwi Banjarsari
Kecamatan Nusawungu
1.
Ketenagaan
No
|
Nama/NIP
|
Pendidikan
|
Jabatan
|
Keterangan
|
1
|
SUMANGGIYO, A.Ma.Pd.TK
19630617 198702 2 001
|
D2 PGTK
|
Kepala TK
|
|
2
|
SUGIYONO
|
SMK
|
Guru Kelas B1
|
|
3
|
SUPRIYATI
|
SMA
|
Guru Kelas B1
|
|
4
|
PUJI RIYANTO
|
SMK
|
Guru Kelas B2
|
|
2.
Peserta
Didik
No
|
Tahun
Pelajaran
|
Kelompok / Jumlah Anak Didik
|
Jumlah
|
|
B1
|
B2
|
|
||
1
|
2009/2010
|
18
|
17
|
33
|
2
|
2010/2011
|
20
|
15
|
35
|
3
|
2011/2012
|
19
|
15
|
34
|
4
|
2012/2013
|
21
|
18
|
39
|
3.
Sarana
dan Prasarana
Taman Kanak - Kanak Pertiwi Banjarsari
Kec. Nusawungu Kab. Cilacap memiliki 3 ruang terdiri dari :
-
Ruang Kelas : 2 buah
-
Gudang :
1 buah
4.
Pembiayaan
-
Iuran dari wali murid.
BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN
KURIKULUM
A.
Struktur
Kurikulum
Struktur
program kegiatan PAUD pada Taman Kanak – kanak mencakup pembentukan perilaku
dan bidang pengembangan kemampuan dasar melalui kegiatan bermain dan
pembiasaan. Lingkup perkembangan meliputi :
1. Nilai –
nilai Agama dan Moral
2. Fisik
3. Kognitif
4. Bahasa
5. Sosial
emosional
Berdasarkan
ketentuan tersebut diatas, struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
TK Pertiwi Banjarsari Kecamatan
Nusawungu adalah sebagai berikut :
No
|
Komponen
|
Alokasi
waktu
|
|
Kelas
|
|||
A
|
B
|
||
A
|
Pembiasaan
|
T
E
M
A
T
I
K
|
T
E
M
A
T
I
K
|
|
1. Nilai
– nilai Agama
|
||
|
2. Moral
|
||
|
3. Sosial
|
||
|
4. Emosional
|
||
B
|
Bidang
pengembangan kemampuan dasar
|
||
|
1. Fisik
|
||
|
2. Kognitif
|
||
|
3. Bahasa
|
||
C
|
Mulok
|
||
|
a. Bahasa
jawa
|
||
|
b. Membuat
tempe
|
||
|
c. Membuat
telor asin
|
||
D
|
Pengembangan
diri
|
||
|
1. Menari
|
||
|
2. Bahasa
inggris
|
||
|
3. Agama
|
||
|
Jumlah
|
30
|
30
|
Keterangan
:
Jumlah
alokasi waktu 30 jam pembelajaran dalam 1 ( satu ) minggu.
Dalam 1 ( hari terdiri
dari 5 (lima) jam pembelajaran yaitu :
Ø Pembukaan
: 30 menit ( 1 jam pelajaran
)
Ø Inti
: 60 menit (
2 jam pelajaran )
Ø Istirahat
: 30 menit ( 1 jam
pelajaran )
Ø Penutup
: 30 menit ( 1 jam
pelajaran
·
Jadwal Kegiatan Mulok
dan Pengembangan Diri
No
|
Kelompok
|
Kegiatan
|
Hari
|
Ket
|
|||
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
||||
1
|
B
1
|
Agama
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
|
|
|
Menari
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
|
|
|
Bahasa
Inggris
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
|
|
|
Bahasa
Jawa
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
|
2
|
B2
|
Agama
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
|
|
|
Menari
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
|
|
|
Bahasa
Inggris
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
|
|
|
Bahasa
Jawa
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
|
B.
Muatan
Kurikulum
Muatan
KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran / bidang pengembangan yang keluasan dan
kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan.
Disamping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke
dalam isi kurikulum.
Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menegaskan bahwa
kedalaman muatan kurikulum pada satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi pada
tingkat dan atau semester sesuai dengan standar nasional pendidikan. Kompetensi
yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar.
A.
Bidang
Pengembangan
1.
Bidang
Pengembangan Pembiasaan
Bidang Pengembangan
Pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan ada dalam
kehidupan sehari – hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik.
1.1 Aspek
perkembangan moral dan nilai – nilai agama, bertujuan untuk meningkatkan
ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan membina sikap anak dalam rangka
meletakan dasar agar anak manjadi warga negara yang baik.
1.2 Aspek
Perkembangan Sosial dan Emosional, dimaksudkan untuk membina anak agar dapat
menngandalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya
maupun orang dewasa dengan baik serta dapat menolong dirinya dalam rangka
kacakapan hidup.
2.
Bidang
Pengembangan Kemampuan Dasar
Bidang Pengembangan
Kemampuan Dasar merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru untuk
meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Bidang ini meliputi :
2.1 Fisik
Motorik
Pengembangan ini
bertujuan memperkenalkan dan malatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan
kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi, serta
meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang
pertumbuhan jasmani yang sehat, kuat dan terampil.
2.2 Kognitif
Pengembangan ini
bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam –
macam alternatif pemecahan masalah, mengembangkan kemampuan logika matematika,
pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokan, dan persiapan
pengembangan kemampuan berfikir teliti.
2.3 Berbahasa
Budang ini bertujuan
agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara
tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan mambangkitkan minat anak untuk
dapat berbahasa indonesia dengan baik.
3.
Muatan
Lokal
a. Bahasa
Jawa
Tujuan :
-
Melestarikan budaya
daerah khususnya bahasa jawa
-
Mengenalkan sopan
santun dalam kehidupan sehari – hari
-
Menggali nilai luhur
bahasa jawa
b. Bercocok
Tanam
-
Mengenalkan anak sedini
mungkin cara bercocok tanam
-
Mengenalkan tanaman /
jenis sayuran yang bermanfaat
-
Membuat anak senang
makan sayur
-
Membuat tempe kedelai
-
Membuat telor asin
4.
Pengembangan
Diri
a. Ekstrakurikuler
a. 1
Bahasa Inggris
-
Nouns
-
Colours
-
Greetings
-
Numbers (1-10)
-
My family
-
Animals
a. 2
Agama
-
Mengenal / Menghafal
Nama – nama Agama di Indonesia
-
Mengenal agama yang
dianut
-
Huruf Hijaiyah
-
Menghafal Surat – surat
Pendek
-
Menghafal Doa Sehari –
hari
-
Kalimat – kalimat Toyibah
a. 3
Menari
-
Mengenal / Menghafal tarian
jawa ( tari jangkrik genggong, tari yapong,
tari gembira, tari jaranan, tari perang, tari dll )
-
Tari kreasi baru ( tari
cende, tari dengung, tari kelinci, tari mbok jamu)
5.
Pengenalan
Lingkungan
a. Kunjungan
-
Ke Kantor Desa
-
Ke Puskesmas
-
Ke Sekolah Dasar Terdekat
b. Karya
Wisata
-
Kunjungan ke Daerah Wisata
B.
Penilaian
Penilaian proses
pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian
perkembangan anak didik TK PGRI Karangpakis mencakup :
1.
Teknik
Penilaian
1.1 Observasi
1.2 Penugasan
1.3 Unjuk
Kerja
1.4 Catatan
Anekdot
1.5 Percakapan
1.6 Laporan
Orang Tua
1.7 Portifolio
2.
Lingkup
Penilian
2.1 Seluruh
TPP Anak Didik
2.2 Mencakup
data tentang status kesehatan, pengasuhan dan pendidikan
3.
Proses
3.1 Dilakukan
secara berkala, intensif, bermakna, menyeluruh dan berkelanjutan.
3.2 Dilaksanakan
pada saat anak melakukan aktivitas sepanjang hari
3.3 Secara
berkala tim pendidik mengkaji ulang catatan perkembanagn anak dan berbagai
informasi lain termasuk kebutuhan khusus anak yang dikumpulkan dari hasil
catatan pengamatan, anekdot, check list, dan portofolio.
3.4 Melakukan
komunikasi dengan orang tua tentang perkembangan anak
3.5 Dilakukan
secara sistematis, terpercaya dan konsisten
3.6 Memonitor
semua aspek TPP anak
3.7 Mengutamakan
proses dampak hasil
3.8 Pembelajaran
melelui bermain dengan benda konkret
4.
Pengelolaan
Hasil
4.1 Pendidik
membuat kesimpulan dan laporan kemajuan anak berdasarkan informasi yang
tersedia
4.2 Pendidik
menyusun dan menyampaikan laporan perkembangan anak secara tertulis kepada
orangtua secara berkala
4.3 Laporan
perkembangan anak disampaikan kepada orangtua dalam bentuk laporan lisan dan
tulisan secara bijak disertai saran – saran yang dapat dilakukan orangtua
dirumah
5.
Tindak
Lanjut
5.1 Pendidik
menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kompetensi diri
5.2 Pendidik
menggunakan hasil penilaian untuk memperbaiaki program, metode, jenis
aktifitas/kegiatan, penggunaan dan penataan alat permainan edukatif, alat kebersihan dan kesehatan,
serta untuk memperbaiki sarana dan prasarana termasuk untuk anak dengan
kebutuhan khusus.
5.3 Mengadakan
pertemuan dengan orangtua/ keluarga untuk mendiskusikan dan melakukan tindak
lanjut untuk kemajuan perkembangan anak.
5.4 Pendidik
merujuk keterlambatan perkembangan anak kepada ahlinya melalui orangtua.
5.5 Merencanakan
program pelayanan untuk anakyang memiliki kebutuhan khusus
C.
Pengaturan
Beban Belajar
Beban
belajar yang digunakan adalah sistem paket sebagaimana tertera dalam kurikulum
yaitu :
Kelompok
|
Satu
jam pembelajaran tatap muka/menit
|
Jumlah
jam pembelajaran perminggu
|
Minggu
efektif per tahun pelajaran
|
Waktu
pembelajaran ( jam ) per tahun
|
A
|
30
|
30
|
34
|
1020
JAM
|
B
|
30
|
30
|
34
|
1020
JAM
|
D.
Pengelompokan
Peserta Didik
Ø Kriteria
Pengelompokan peserta didik
-
4 - 5
tahun pada kelompok A
-
5 - 6 tahun pada kelompok B
Ø Kenaikan
kelas ( perpindahan kelompok )
-
Kelompok B ke SD
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
Kurikulum
Taman Kanak – kanak diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada
setiap tahun pelajaran. Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk
kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup
permulaan tahun pelajaran, minggu efektif, waktu pembelajaran efektif, dan hari
libur.
Alokasi waktu
1. Permulaan
tahun pelajaran
Adalah waktu dimulainya
kegiatan pembelajaran pada awal tahun pembelajaran.
2. Minggu
efektif belajar
Adalah jumlah minggu
kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran.
3. Waktu
pembelajaran efektif
Adalah jumlah jam
pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh
bidang pengembangan termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan
pengembangan diri.
4. Waktu
libur
Adalah waktu yang ditetapkan
untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal. Waktu libur dapat
berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun
pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur khusus, libur umum dan hari – hari
besar nasional.
Adapun Penjelasan alokasi waktu kegiatan
sebagai berikut :
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Keterangan
|
1
|
Minggu Belajar Efektif
|
Minimal 34 Minggu Maksimal 38 Minggu
|
Digunakan untuk kegiatan
pembelajaran efektif di TK
|
2
|
Jeda Tengah Semester
|
Maksimal 2 Minggu
|
Satu minggu setiap semester
|
3
|
Jeda Antar Semester
|
Maksimal 2 Minggu
|
Antara semester I dan II
|
4
|
Libur Akhir Tahun
|
Maksimal 3 Minggu
|
Digunakan untuk penyiapan
kegiatan dan administrasi akhir tahun pelajaran.
|
5
|
Hari libur keagamaan
|
2-4 minggu
|
Daerah khusus yang memerlukan
libur keagamaan lebih panjang dapat mengaturnya sendiritanpa mengurangi
jumlah minggu afektif belajar dan waktu pembelajaran efektif
|
6
|
Hari libur umum/ nasional
|
Maksimal 2 minggu
|
Disesuaikan dengan peraturan
pemerintah
|
7
|
Hari libur khusus
|
Maksimal 1 minggu
|
Digunakan untuk kegiatan yang
diprogramkan secara khusus oleh sekolah tanpa mengurangi minggu efektif
belajar dan waktu pembelajaran efektif
|
8
|
Kegiatan khusus
|
Maksimal 3 minggu
|
|
Adapun
Alokasi Waktu Rencana Kegiatan TK Pertiwi
Banjarsari dan alokasi waktu rencana hari efektif
pembelajaran adalah senagai berikut :
( terlampir )
ALOKASI WAKTU
RENCANA KEGIATAN
TK PERTIWI DESA BANJARSARI
Alokasi Waktu
|
Uraian Kegiatan
|
Ket
|
|
Bulan
|
Tanggal
|
||
|
|
|
|
Juni 2012
|
11
|
Rapat Panitia Penerimaan Murid Baru (
PMB )
|
|
|
12
|
Persiapan Berkas -berkas PMB
|
|
|
13 -15
|
Pendaftaran Murid Baru
|
|
|
|
|
|
Juli 2012
|
02 - 04
|
Seleksi PMB
|
|
|
05
|
Pengumuman
|
|
|
16
|
Masuk Awal Tahun Pelajaran
|
|
|
16
|
Sosialisasi kepada Orangtua /
Pengantar
|
|
|
16 - 18
|
Orientasi PMB
|
|
|
19
|
Pembagian Kelas
|
|
|
20 -
22
|
Libur Awal Ramadhan 1433H
|
|
|
23 - 28
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
30 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Agustus 2012
|
01 - 04
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
06 -
11
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
13 - 18
|
Libur sebelum Hari
Raya 1433 H
|
|
|
19
|
Idul Fitri 1433
H
|
|
|
20 - 25
|
Libur sesudah Hari Raya 1433
H
|
|
|
27 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
September 2012
|
01 - 07
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
08
|
Hari Olahraga / Upacara
|
|
|
10 - 15
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
16 - 22
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
23 -
29
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Oktober 2012
|
01
|
Upacara Hari Kesaktian Pancasila
|
|
|
02 -
06
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
08 -
13
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
15 -
18
|
Kegiatan Tengah Semester / Lomba-lomba
TK
|
|
|
19 -
20
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
22 -
25
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
26
|
Hari Raya Idul
Adha
|
|
|
27
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
29 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
November 2012
|
01 - 03
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
05 -
09
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
10
|
Upacara Hari Pahlawan
|
|
|
12 -
14
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
15
|
Libur Tahun
Baru 1434 Hijriyah
|
|
|
16 -
17
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
19 - 24
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
26 - 30
|
Efektif Pembelajaran
|
|
Desember 2012
|
01
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
03 -
08
|
Pengayaan / Pengumpulan Portofolio dan Data Nilai Anak Didik Semester I
|
|
|
10 - 14
|
Persiapan Penyerahan
Buku Laporan Pribadi
|
|
|
15
|
Penyerahan Buku Laporan Pribadi
|
|
|
16 - 31
|
Llibur akhir semester I
|
|
|
|
|
|
Januari 2013
|
01
|
Tahun Baru 2012
|
|
|
02 - 05
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
07 -
12
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
14 -
19
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
21 - 23
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
24
|
Libur Maulid
Nabi
|
|
|
25 -
26
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
28 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Februari
2013
|
01 - 02
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
04 - 09
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
11 -
16
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
18 - 23
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
25 -
28
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Maret 2013
|
01 - 02
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
04 -
09
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
11
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
12
|
Libur Hari Raya Nyepi
|
|
|
13 - 16
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
18 - 21
|
Kegiatan tengah semester
|
|
|
22 - 23
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
25 - 28
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
29
|
Libur Jum’at
Agung
|
|
|
30
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
April 2013
|
01 - 06
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
08 - 13
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
04 -20
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
22 - 27
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
29 -30
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Mei 2013
|
01
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
02
|
Upacara Hardiknas
|
|
|
03 -
04
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
06 - 08
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
09
|
Libur Kenaikan
Isa Almasih
|
|
|
10 - 11
|
Efektif
Pembelajaran
|
|
|
13 - 18
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
20
|
Upacara Hari Kebangkitan Nasional
|
|
|
21 - 24
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
25
|
Libur Hari Raya Waisak
|
|
|
27 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Juni 2013
|
01
|
Latihan Pentas Tari
|
|
|
03 -
04
|
Latihan Pentas Tari
|
|
|
05
|
Libur Isra’
Mi’raj
|
|
|
06 - 07
|
Latihan Pentas
Tari
|
|
|
08
|
Pentas Tari Pelepasan Anak Didik
|
|
|
10 - 15
|
Pengayaan / Pengumpulan Portofolio dan Data Nilai Anak Didik Semester II
|
|
|
17 - 21
|
Persiapan
Penyerahan LPPAD
|
|
|
22
|
Penyerahan
LPPAD
|
|
ALOKASI WAKTU
RENCANA HARI
EFEKTIF PEMBELAJARAN
TK PERTIWI BANJARSARI
TAHUN PELAJARAN
2012/2013
No
|
Semester
|
Tema
Kegiatan
|
Minggu
Ke :
|
Lokasi
Waktu Kegiatan
|
|
Bulan
|
Tanggal
|
||||
1
|
Semester 1
|
Diri Sendiri ( 3 minggu )
|
1
|
Juli 2012
|
23 - 28
|
|
|
|
2
|
Juli
|
30 - 31
|
|
|
|
3
|
Agustus
|
01 - 04
|
2
|
Semester 1
|
Lingkungan ( 4 Minggu )
|
1
|
Agustus
|
06
- 11
|
|
|
|
2
|
Agustus
|
27 - 31
|
|
|
|
3
|
September
|
01 - 07
|
|
|
|
4
|
September
|
10 - 15
|
3
|
Semester 1
|
Kebutuhan ( 4 minggu )
|
1
|
September
|
16 - 23
|
|
|
|
2
|
Oktober
|
23
- 29
|
|
|
|
3
|
Oktober
|
02 - 06
|
|
|
|
4
|
Oktober
|
08 - 13
|
4
|
Semester 1
|
Binatang ( 3 minggu )
|
1
|
Oktober
|
19 - 25
|
|
|
|
2
|
Nopember
|
27 - 31
|
|
|
|
3
|
Nopember
|
05
- 09
|
5
|
Semester 1
|
Tanaman ( 3
minggu )
|
1
|
Nopember
|
12
- 17
|
|
|
|
2
|
Nopember
|
19 - 24
|
|
|
|
3
|
Nopember
|
26 - 30
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Semester II
|
Rekreasi ( 4 minggu )
|
1
|
Januari 2013
|
07 - 12
|
|
|
|
2
|
Januari
|
14 - 19
|
|
|
|
3
|
Januari
|
21 - 26
|
|
|
|
4
|
Jan /Feb
|
28 - 02
|
7
|
Semester II
|
Pekerjaan ( 3 minggu )
|
1
|
Februari
|
04 - 09
|
|
|
|
2
|
Februari
|
11 - 16
|
|
|
|
3
|
Februari
|
18 - 23
|
8
|
Semester II
|
Air, udara dan api ( 2 mg)
|
1
|
Februari/Maret
|
25 - 02
|
|
|
|
2
|
Maret
|
04 - 09
|
9
|
Semester II
|
Alat komunikasi ( 2 mg )
|
1
|
Maret
|
11 - 16
|
|
|
|
2
|
Maret
|
25 - 30
|
10
|
Semester II
|
Tanah airku ( 3 mg )
|
1
|
April
|
01 - 06
|
|
|
|
2
|
April
|
08 - 13
|
|
|
|
3
|
April
|
15 - 20
|
11
|
Semester II
|
Alam semesta ( 2 mg )
|
1
|
April
|
22 - 27
|
|
|
|
2
|
April/Mei
|
29 - 04
|
|
|
Pengayaan
|
|
Mei
|
06 - 11
|
|
|
Pengayaan
|
|
Mei
|
13 - 18
|
|
|
Pengayaan
|
|
Mei
|
21 - 24
|
|
|
Pengayaan
|
|
Mei
|
27 - 31
|
|
|
Pengayaan
|
|
Juni
|
01 - 07
|
tengkyu...
BalasHapusyou are welcome
HapusMakasih banyak manfaat banget kurikulum KTSP Dokumen 1 ini,semoga atas kebaikannya Allah yang membalasnya
BalasHapusAaamiin 3x ya robbal 'alamin
Hapusmakasih, sangat bermanfaat sekali :)
BalasHapussm2..alhmdllh
Hapusterimakasih, maaf saya ngopi file nya semoga bermanfaat..amin
BalasHapussm2.. smga brmnfaaf
HapusAssalamu'alaikum warmatullahi wabaraktuh,
BalasHapusTerima kasih dengan berbagi Kurikulum yang sangat bermanfaat ini, mohon ijin untuk dijadikan referensi.
Ya Allah jika Saudaraku yang baik ini, sedang tidur, jagalah & segarkanlah bangunnya.
Jika sedang beribadah, terimalah ibadahnya.
Jika sedang berdo'a, kabulkanlah do'anya.
Jika sedang bekerja, ringankan kerjanya, berkahilah kerjanya dan jadikan sebagai bagian dari ibadah dan amal shalehnya.
Jika sedang usaha, mudahkan, lancarkan, bimbinglah dan berkahilah usahanya.
Jika sedang kesulitan, berilah kesabaran, berilah petunjuk, bebaskanlah kesulitannya, berilah dia pembimbing dan penolong dari sisi MU.
Jika sedang sakit tabahkanlah dan sembuhkanlah.
Jika sedang sedih, gembirakanlah.
Jika sedang cemas, tentramkanlah hatinya dan lapangkan dadanya.
Jika sedang lupa dan khilaf, ampunilah, maafkanlah dan sayangilah dia.
Jika sedang berbahagia, karuniakanlah rasa syukur.
Aamiin.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Djokolono
Aamiin 3x yaa robbal'alaamiin.... trimakasih sekali atas do'ay
HapusTerima kasih, sudah berbagi semoga menjadi jariyah yang terus mengalir. Mhn izin copy ya......
BalasHapusaammiin,,, mnggo, mdah2n brmanfaaf
HapusTerima kasih, sangat bermanfaat..
BalasHapusJazaakallah khairan katshiran buat contoh kurikulumnya :)
BalasHapusMohon ijin mengcopy ya,karena sangat bermanfaat sekali,Semoga jadi amal jariyah jenengan.Terima kasih
BalasHapussaya butuh contoh skm dan contoh silabus. mohon banuannya ya...
BalasHapusAssalamualaikum,,,teriling salam dan ucapan trima kasih yang tak terhingga,semoga Allah yg maha kuasa memberikan keberkahan kepada TK PERTIWI karna telah berbagi.....semoga kurikulum ini dapat d jadikan acuan oleh PAUD NONFORMAL untuk bisa mengembangkan PAUD NON FORMAL menjadi yang berkualitas,, amien...
BalasHapuswa'alaikumsalam,,,aamiin,, sukses untuk ibu YULIS MARTINI, S.Pd.I
HapusBagus neh infonya... makasih
BalasHapusKebetulan kami juga pengelola PAUD, ini penting disimak... salam kenal
BalasHapusPendidikan anak usia dini udah begini kurikulumnya??? welelehh
BalasHapusnice info gan
BalasHapusKurikulum ini dipadukn dg K13. Jadi lebih perfect. Lwpun repot. Thnkz bngt yagh. AUD isThe Best.
BalasHapustrimakasih.
BalasHapusbagi perpem tk nya donk
BalasHapus